Kamis, 28 Januari 2010

Formasi Full Attacking (4-4-2) Ala Kabinet Metal KEMA Hiperkes 2010


Assalamualaikum Wr Wb..

Hallo temen-temen blog Hiperkes yang selalu luarrr biasa.. apa kabar yah? Semoga baik selalu, of course.. sekarang kita ada diblog KEMA Hiperkes yang mulai detik ini tampil lebih fresh dengan wajah yang semakin sumringah dan optimistis tentu aja.. (harus dong..) Nah by the way nih temen-temen, For your info akhir tahun 2009 kemaren kepengurusan KEMA Hiperkes season 2009/2010 udah resmi menetas dan siap meretas mimpi-mimpi yang belum sempat terealisasi di tahun-tahun sebelumnya..

Ibarat kayak sebuah tim sepak bola yang baru di beli ama konglomerat Dubai nih temen-temen, KEMA Hiperkes sekarang sedang berusaha membangun fondasi-fondasi kekuatan barunya untuk mengarungi beratnya kompetisi domestic dan luar negeri. For the reason, KEMA Hiperkes musim ini merombak beberapa pos yang udah ada di tahun kemaren. Basicly ga ada perbedaan yang terlalu ekstrem di kabinet yang dikasih nama Kabinet MeTal (Mengabdi Total) ini. Cuma ada beberapa departemen yang dapat opportunity buat lebih show up di bidangnya dengan lebih melebarkan sayap. As the result, departemen yang ada lebih ramping dan dalam bergerak juga lebih fleksibel. Kan kalo orang yang gemuk kalo lari bisa kedodoran tuh. Bener ga?

Nah supaya ga terlalu ribet ngebayanginnya kita pengen menganalogikan KEMA Hiperkes sebagai sebuah tim sepak bola yang solid, lengkap dari goalkeeper ampe striker.. so here there are and let’s check the out!!

  1. dept Kerohanian (GK)

ini dia nih dept yang dari dulu tetep eksis aja ama kegiatan kerohaniannya. Ada DKI (divisi Kerohanian Islam) dan PMKK (Persatuan Mahaisiwa Kristen & Katolik). Ini dept urgent banget fungsinya sebagai pemasok kebutuhan rohani buat mahasiswa di kampus. Kan perlu ada balance antara kebutuhan dunia dan akhirat. Are you agree?

Dept ini pas banget di tempatin sebagai benteng terakhir KEMA a.k.a sebagai kiper. Kalo imannya bobol, pasti kalah lah timnya. Betul ga? He he.

  1. Bendahara (Difensive Center)

Kalo dengar kata “bendahar” pikiran kalian pasti langsung mengarah ke denda mati tapi yang bikin kita hidup alias duit. Pokoknya urasan duit masuk, duit keluar bu bendahari lah jagonya. Nah bedahar ini emang cocok kalo di tugasin buat ngejaga lini pertahanan KEMA, kalo duit dr bendahara gak di atur, jebolah gawang kita!

  1. dept Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia/POSDM (Defensive Center)

Dept POSDM ini dibentuk musim kemaren. Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengupgrade ability dari setiap pengurus KEMA agar lebih kompeten mengurusi seluk beluk organisasi, makanya dept ini dibentuk. Gitu..

POSDM ini cocok banget dipasang sebagai benteng pertahanan buat menahan setiap gempuran yang datang dari lawan. Dengan kegiatan kaya upgrading kemaren diharapkan serangan berupa rasa lelah dan bosan dalam berorganisasi bias ditangkal. Dahsyat kan?!

  1. dept Minat dan bakat /MiKat (Full beck Left)

dept Mikat ini dept yang baru temen-temen. Hasil akusisi atau merger dari 3 dept yang ada di taun kemaren, Olahraga, KMPA, ama dept Seni. Jadi basicly ketiga departemen itu punya karakter yang sama makanya jadi satu. Fungsi dari dept Minat dan Bakat ini adalah supaya mahasiswa Hiperkes tu bisa diakomodir bakat dan talentanya di bidang olahraga, seni, dan petualang. Tentu aja biar bermanfaat dan bisa ngesupport aktivitas kuliahnya.

Secara dept MiKat ini punya divisi yang bejibun kayaknya cocok juga ditempatin di sector lini belakang. Tapi jngan salah. Departmen ini juga gak kalah sangarnya kalo ikut nyerang,. Dengan proker2nya yang berkualitas, gak jarang departmen ini juga membantu penyerangan bahkan gak jarang bikin gol. Hehe..

  1. Sekre(Full beck Right)

Urusan surat menyurat, ketik mengetik, administrasi KEMA beserta yang lainya, mereka jagonya. Tapi mereka juga gak Cuma jago begitu doang, mereka juga punya tugas knegaraan sebgai pemimpin kedua yang ngurusin organisasi kalo ketua cdera tau lagi gak fit, makanya selain jago bertahan, temen2 sekre juga bisa nyerang sama baiknya, gak jarang banyak gol gara2 umpan surat-surat atau propasal yang dibikin ma temen2 sekre. Jadi cucuknya mreka jadi fullbeck kanan kali yah?? Hehehe,.

  1. Ketua (Midfelder Center+Captain)

Ini nih yang jadi pemimpin organisasi baik didalem lapangan ataupun di luar lapangan, dia si pengatur ritme pergerakan organisasi n semua keputsan ada di tangan orang ini. Pak ketua ni emang punya daya jelajah yang tinggi. Gak Cuma ngurusin pertahanan doang, tapi dia juga harus punya pasing-pasing akurat buat ngelayanin stiker n shooting-shooting yang keras buat bikin goal, dia juga harus jadi kreator serangan n harus tau kapan saatnya menyerang atau bertahan, dia tuh harus jadi orang pertama yang ngejegal n ngejagal pemain musuh sebelum masuk zona pertahanan, selain itu dia juga harus jadi penghubung lini blakang, lini tengah n pemain depan. Dia kudu jago nego sama wasit atau pemain musuh. Hmmmm,.. Ngeliat dari besarnya tugas n tanggung jawab ketua jadi gak salah kalo seorang ketua di jadiin central Midfielder sekaligus megang ban kapten.

  1. Dept. Hubungan Masyarakat /Humas (Attacking Miedfielder Center)

Neh departemen sama kaya taun-taun dulu tetep masih dipercaya sebagai ‘jubirnya’ KEMA. FYI nih temen-temen, untuk dept Humas tahun ini ada 2 divisi yang masing-masing punya fungsi dan tugas sendiri-sendiri, yakni dept dalam negeri (depdagri) dan dept luar negeri (deplu). Dagri khusus buat ngurusin komunikasi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan pihak program. Kalo deplu itu ngurusin sosialisasi dan komunikasi dengan pihak luar kampus Hiperkes kayak orang-orang fakultas, rektorat atau pihak lain di luar UNS.

As the function, Dept ini punya peran yang sama kaya seorang gelandang atau pemain tengah karena sama-sama menghubungkan 2 lini. Humas menghubungkan mahasiswa dengan program, fak, ato rektorat. Nah kalo gelandang jadi jembatan lini pertahanan dengan lini depan. Gimana??

  1. dept Social Service /Pelayanan Sosial (Attacking Midfielder Right)

Ini nih anak yang baru lahir dari rahim KEMA periode ini. Yupz, social service (soserv) adalah dept baru yang punya tugas menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar dengan melakukan kegiatan yang bertujuan untuk pengabdian kepada masyrakat seperti bakti social dsb.

Nah, karena punya fungsi mengabdi ke orang lain, gimana kalo kita tempatin departemen ini di pos gelandang juga. Kan gelandang juga punya tugas ngelayanin striker kan?? Hehe..

  1. dept Finansial Mandiri /FM (Attecking Midfielder Left)

dept FM ini ganti kulit nih temen-temen. Dulunya namanya Wira Usaha. Di kasih nama financial mandiri karena FM yang sekarang digadang-gadang bisa menjadi fund raising-nya KEMA buat nge-support setiap kegiatan KEMA. Secara si FM ini punya jiwa dagang sekaligus bussinesman yang tangguh neh temen-temen.

Nah karena FM ini punya tipikal rela berkorban dan pantang menyerah. Kayaknya lebih pas ditempatin di posisi gelandang bareng ama soserv neh. Duet yang caem..

10. dept Komunikasi dan Informatika /depkomfi (striker)

Depkominfo juga one of the newest dept yang ada di struktur KEMA. Dept ini dulunya sih berjudul dept.pers tapi karena dirasa memiliki peran yang cukup vital dalam menyebarkan informasi-informasi yang all about KEMA and OHS makanya sekarang dept dapat otonomi khusus. Sekarang depkominfo punya dua divisi yaitu divisi Informasi dan Teknologi yang ngurusin info buat dunia maya (blog, e-mail, facebook dll) dan divisi Propaganda dan Jurnalistik yang nanganin info di dunia nyata (mading, bulletin, majalah dll)..

Nih dept cocoknya jadi striker.. striker itu identik dengan kecepatan, akselerasi, dan kelugasan. Nah depkominfo juga cepat menampilkan peristiwa terupdate dari KEMA dan lugas dalam penyampaiannya. Betul, betul, betul.

11. dept Kajian Studi Ilmiah /KSI (Striker)

Yups.. KSI ini emang mirip banget ama KIR kayak waktu di SMA dulu itu lho. KSI ini punya order ngurusin kegiatan yang sifatnya tu pendidikan ama penalaran supaya bisa jadi motivasi, inspirasi, dan bekal buat berkecimpung di dunia Hiperkes, jadi mahasiswanya tu bisa kritis dan responsive. Mudeng kan?

KSI tu cocok kalo ditandemkan ama Depkominfo sebagai second striker. Soalnya KSI tu kreatif, militant, dan inovatif. Sama kaya striker harus kreatif nyari cara buat membuat gol, rajin lari, dan inovatif bekerjasama dengan duetnya. (Ari ’08)


Let’s renovate and save our heart and also our mindset. Catch the future with the glory and prosperity. Keep the spirit. Keep learn as long as our life. And don’t forget to pray to our God. May the force always be with us, KEMA!!! (This message proudly presentd by Depkominfo KEMA Hiperkes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar