Senin, 23 Januari 2012

Diploma III Hiperkes & Keselamatan Kerja UNS

JATI DIRI

Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Depdiknas pada tanggal 26 Desember 2006, dengan dasar hukum Dirjen Dikti Nomor: 4922/DT/T/2006, tanggal 26 Desember 2006. Menurut sejarah berdirinya Program Studi ini merupakan kerjasama antara Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) dan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), dimana kebutuhan tenaga ahli madya Hiperkes dan Keselamatan Kerja sangat dibutuhkan Depnaker, sedangkan Depdiknas cq Fakultas Kedokteran UNS selaku penyelenggara pendidikan. Hasil lulusan angkatan pertama dan kedua semuanya diserap oleh Departemen Tenaga Kerja, selanjutnya hasil lulusan sebagian diserap Depnaker dan yang lainnya diserap oleh perusahaan yang berlokasi hampir di setiap propinsi di Indonesia.

Saat ini Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS berfokus dan bertekad mempertahankan dan mengembangkan peningkatan kualitas institusi agar tetap memiliki mutu yang baik dengan daya saing tinggi. Pada tahun 2005, dengan SK nomor 015/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/XII/2005 tanggal 27 Desember 2005, mendapatkan akreditasi peringkat A, dan pada tahun 2010 ini akan melakukan reakreditasi.

Beban studi yang harus diselesaikan 111 SKS yang ditempuh dalam 6 semester. Tingkat kelulusan mahasiswa tepat waktu sebesar 98%; hal ini disebabkan karena salah satu penyebabnya ada mahasiswa yang sudah direkrut perusahaan yang menjalin kerjasama perekrutan lulusan sebelum mereka lulus atau bersamaan dengan program magang.
Dalam menjalankannya perannya sebagai pencetak ahli madya hiperkes dan keselamatan kerja, Program Studi ini mengembangkan dirinya dengan berkonsentrasi kepada pembentukan lulusan yang lebih berorientasi kepada pengelolaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja berfokus pada kemampuan profesional dalam higiene perusahaan. Hal ini didukung dengan mata kuliah Higiene Perusahaan I (HPI), HP II, HP III dan IV yang diberikan pada semester II, III, IV dan V, yang kemudian merupakan jati diri Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS.

VISI PROGRAM STUDI

Visi, Misi dan Tujuan FK UNS disusun oleh segenap unsur, meliputi Ketua Program, Pimpinan Fakultas (Dekan, PD I, II, III), Dosen, Mahasiswa, Kepala bagian (laboratorium), Unit kerja, Pihak Luar (Alumni, Dinas Tenaga Kerja, Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3) dari perusahaan). Penyusunan Tim Penyusun visi-misi ditetapkan berdasarkan SK Dekan FK UNS. Kemudian Tim tersebut merumuskan visi, misi, tujuan serta sasaran FK UNS melalui suatu lokakarya yang melibatkan semua unsur internal dan eksternal.
Visi, misi, tujuan dan sasaran FK UNS dirumuskan dengan mempertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut:
- Visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Sebelas Maret,
- Visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Kedokteran,
- Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi,
- Kondisi nasional dan Kebijakan pemerintah,
- Pemetaan keunggulan program studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja berdasarkan Analisis SWOT.
- Masukan dari pihak dalam (dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan) dan pihak luar (stake holders dan alumni).
- Kebutuhan/tuntutan masyarakat di era global dan perkembangan IPTEK.
Hasil akhir perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut kemudian disahkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNS untuk kemudian disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika. Monitoring dan evaluasi mengenai Visi Misi selalu dilakukan pada saat penyusunan Renstra Program Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS, setiap 5 tahun sekali.

VISI Program Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS:
Terwujudnya Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berkualitas, reputasi tinggi, menghasilkan lulusan yang terampil dan mampu bersaing di pasar global.

MISI PROGRAM STUDI

1. Melaksanakan pendidikan Ahli Madya Hiperkes dan Keselamatan Kerja yang bermutu tinggi, relevan dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan masyarakat pekerja dan menghasilkan lulusan yang profesional dan berorientasi ke depan sesuai dengan perkembangan teknologi.
2. Melaksanakan penelitian-penelitian terkait iImu Hiperkes dan Keselamatan Kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja, melindungi/meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat pekerja serta masyarakat pada umumnya.
3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat guna lebih mengenalkan Hiperkes dan Keselamatan Kerja pada masyarakat industri dan pekerja.
4. Melaksanakan tata pamong Program Studi yang berasaskan Good Governance
5. Melaksanakan peningkatan pencitraan publik Program Studi Hiperkes dan Keselamatan Kerja UNS di tingkat nasional dan internasional

TUJUAN PROGRAM STUDI

Program Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS bertekad membentuk peserta didik yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai bidang profesinya. Secara umum tujuan PS ini adalah :

Menghasilkan lulusan Ahli Madya Hiperkes dan Keselamatan Kerja yang berkompeten dalam mengupayakan terciptanya masyarakat pekerja yang memperhatikan aspek Hiperkes dan Keselamatan Kerja dalam bekerja secara profesional sesuai dengan perkembangan masyarakat industri.
Menghasilkan produk penelitian terkait iImu Hiperkes dan Keselamatan Kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja, melindungi/ meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat pekerja serta masyarakat pada umumnya
Mengenalkan Hiperkes dan Keselamatan Kerja kepada masyarakat industri dan pekerja melalui pengabdian pada masyarakat demi tercapainya Zero Accident (Kecelakaan nihil) di tempat kerja.
Terlaksananya tata pamong berasaskan Good Governance
Terciptanya peningkatan pencitraan publik Program Studi Hiperkes dan Keselamatan Kerja UNS di tingkat nasional dan internasional

SASARAN PROGRAM STUDI DAN STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN

Sasaran Program Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS adalah :


PROGRAM STRATEGI
SASARAN
I. Sasaran Bidang Pendidikan dan Pengajaran:
Jangka Menengah (s.d Th. 2011)
1 Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan dan pengajaran berbasis kompetensi yang bermutu pada Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja

Unggul dalam Pendidikan dan Pengajaran.
Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan memiliki daya saing tinggi serta mampu mengembangkan keilmuanya.
Perluasan kesempatan masyarakat dapat mengikuti semua program pendidikan.
Unggul dalam Pencitraan publik.


2 Memperluas kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan vokasi lingkup nasional.
3 Meningkatkan hubungan kerjasama akademik berskala Nasional.
4 Meningkatkan Layanan kesejahteraan mahasiswa.
5 Meningkatkan peranan alumni dalam mendukung kemajuan dan pengembangan di bidang akademik Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja
Jangka Panjang ( s.d Th. 2013 )
1 Meningkatkan kerjasama berbagai kegiatan di bidang akademik skala nasional dan internasional..

Mampu mengembangkan Ilmu Hiperkes & Keselamatan Kerja yang berdaya saing Nasional dan Internasional.
Unggul dalam pencitraan publik.

II. Sasaran Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Jangka menengah (s.d tahun 2011)

Memiliki keunggulan dalam riset.
Keunggulan dalam internasionalisasi dan pencitraan publik.
Keunggulan dalam transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan Higiene Perusahaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja.


1 Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk penelitian Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja
2 Meningkatkan collaborative research dengan perguruan tinggi lain/institusi terkait tingkat nasional.
3 Memacu produk penelitian berbasis keunggulan lokal.
Jangka Panjang (s.d tahun 2013)
1 Diseminasi dan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja ke tingkat dunia berbasis keunggulan lokal.
2 Menghasilkan ilmu Higiene perusahaan, kesehatan dan keselamatan kerja yang mampu menjawab tantangan permasalahan Higiene Perusahaan, Kesehatan, Keselamatan Kerja nasional dan global.
III .Sasaran Bidang SDM
Sasaran jangka menengah (s.d tahun 2011)
1 Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik pendidik dan kependidikan sehingga memiikil kompetensi tinggi dalam menjalankan program Tridarma perguruan Tinggi. Unggul dalam Sumber daya manusia yang mendukung Good Governance dan Tri darma Perguruan Tinggi.
2 Meningkatkan jumlah sumber daya manusia (SDM) baik pendidik dan kependidikan dalam rangka peningkatan mutu layanan pendidikan.
3 Tersedia sistem manajemen SDM berbasis kompetensi dan meritokrasi yang mendukung iklim pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
IV. Sasaran Bidang Organisasi Manajemen
Jangka Pendek-Menengah (s.d tahun 2011)

Unggul dalam tata kelola.
Unggul dalam manajemen dan mutu layanan.

1 Menjalankan sistem Tata Kelola berbasis Good Governance (kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan adil).
2 Menyelenggarakan sistem manajemen mutu yang komprehensif mulai penetapan standar yang tepat, layanan yang bermutu, dan proses monitoring,asesmen dan evaluasi akurat.
3 Melaksanakan sistem informasi manajemen yang mendukung operasi dan pengambilan keputusan manajemen puncak.
Jangka Panjang (s.d tahun 2013)
Mewujudkan Program Studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja yang terakreditasi/ tersertifikasi maksimal tingkat nasional dan Internasional.
V. Sasaran Bidang Sarana. Prasarana dan Pendanaan
1 Jangka pendek-menengah (s.d tahun 2011)

Unggul dalam tata kelola.
Unggul dalam manajemen dan mutu berbagai layanan akademik/ non akademik.


1 Meningkatkan kemampuan sumber pendanaan dan Revenue Generated Income.
2 Menyusun sistem perencanaan berbasis kinerja dan pengalokasian dana yang efektif.
3 Menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk mendukung program tridarma perguruan tinggi dan pendukungnya.
4 Menyediakan sumber pendanaan operasional dan pengembangan yang berkelanjutan. Jangka Panjang (s.d tahun 2013)

1 komentar:

  1. ayooo temen-temen di update terus blog nya, SEMANGAT ^^

    BalasHapus